RSS

Arsip Tag: Analis Kesehatan

PEMERIKSAAN JUMLAH ERITROSIT METODE FORMAL CITRAT

Eritrosit merupakan bagian utama dari sel-sel darah. Setiap mm kubiknya darah pada seorang laki-laki dewasa mengandung kira-kira 5 juta sel darah merah dan pada seorang perempuan dewasa kira-kira 4 juta sel darah merah.
Tiap-tiap sel darah merah mengandung 200 juta molekul hemoglobin. Hemoglobin (Hb) merupakan suatu protein yang mengandung senyawa besi hemin. Hemoglobin mempunyai fungsi mengikat oksigen di paru-paru dan mengedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Jadi, dapat dikatakan bahwa di paruparu terjadi reaksi antara hemoglobin dengan oksigen.
2 Hb2+ 4 O2 ==> 4 Hb O2 (oksihemoglobin)

Read the rest of this entry »

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 11, 2013 in Kesehatan

 

Tag:

PEMERIKSAAN JUMLAH ERITROSIT METODE HAYEM

Eritrosit /Red Blood Cell (RBC)

•Struktur Eritrosit

Eritrosit mempunyai bentuk bikonkaf, seperti cakram dengan garis tengah 7,5 μm dan tidak berinti. Warna eritrosit kekuning-kuningan dan dapat berwarna merah karena dalam sitoplasmanya terdapat pigmen warna merah berupa Hemoglobin.(Ira  P , 2012)

Image

•Fungsi utama dari eritrosit,adalah mengangkut hemoglobin, dan seterusnya mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan.

•Eritrosit juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika sel darah merah mengalami proses lisis oleh patogen atau bakteri, maka hemoglobin di dalam sel darah merah akan melepaskan radikal bebas yang akan menghancurkan dinding dan membran sel patogen, serta membunuhnya. (Maria K, 2009)

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 26, 2013 in Kesehatan

 

Tag: ,

Instrumen Laboratorium (Alat-Alat Gelas) Part-1

Image

Alat Gelas yang digunakan di Laboratorium biasanya merupakan gelas borosilikat. Gelas ini terbuat dari kuarsa/silikat oksida berkualitas tinggi, Boron Oksida, Aluminium Oksida dan Natrium Oksida. Gelas jenis ini mencair pada suhu agak tinggi dan mempunyai angka muai yang kecil, oleh karena itu, dapat dipanaskan hingga suhu tinggi dan dapat direndam dalam air dingin atau air es tanpa terjadi keretakan atau pecah. Selain itu gelas Borosilikat juga tidak bereaksi dengan bahan kimia sehingga cocok digunakan sebagai alat gelas laboratorium.

Syarat Alat gelas di Laboratorium adalah :

  1. Tahan terhadap panas (perubahan suhu)
  2. Tahan terhadap senyawa kimia (tidak bereaksi)
  3. Tahan terhadap perubahan pH

A. Gelas Piala (Beaker Glass)

Image

Keterangan :

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 2, 2013 in Kesehatan

 

Tag:

Semester Pertama Berakhir!

happy-holidays-cntry1

 

Kenapa gw baru buat postingan ini sekarang padahal libur semester udah berjalan 2 minggu yang lalu?
Mungkin karena liburan ini justru gak kayak liburan kalo ketika masih SMA dulu, kalo udah libur ya udah nggak ada cerita kesekolah lagi, kecuali ada organisasi yg manggil buat dateng *pengalaman jadi anggota baru organisasi*
Dan alasan lain karena kemarin adalah hari dimana nilai mata kuliah terakhir diumumkan. Alhamdulillah ya sesuatu *uekks* gw nggak ada yg remidi. Heheh… Jadi bisa tenang, nggak perlu mikirin nilai lagi.

Sebagai mahasiswa baru yg masih ingusan, gw belum ngerti bener gimana sistem kuliah ini. Kalo SMA dulu setelah ujian ngumumin nilai trus libur ‘tenaaaang’. Tapi, kuliah ini beda, abis ujian lu bisa libur tapi ngga tenang karena belum ada nilai yang Keluar. Otomatis lu nggak bisa pulang kampung. Hohoho…
Ini akan menyiksa banget ketika uang lu udah menipis, beras udah abis dan air galon lu udah kering. *malah curhat*
Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 15, 2013 in Uncategorized

 

Tag:

S1 Analis Kesehatan Yang Paling Mungkin

Saya baru menemukan halamannya di tadi pagi, di laman Universitas Tsukuba (University of Tsukuba, singkat UT). Sebenarnya sudah tahu universitas ini dari tahun 2010 (zaman penyiksaan diri dengan hanya meratapi nasib), dan dalam hati “ya sudahlah, rejekinya bukan sekarang”.

Univ. Tsukuba ini masuk juga ke kelompok universitas “G30″, yaitu kelompok universitas pilihan yang semua perkuliahannya menggunakan Bahasa Inggris karena pengglobalisasian pendidikan tinggi di Jepang inilah yang membuatnya demikian. Mungkin kalau saya baca artikelnya di zaman saya masih tingkat satu ababil renta pasti sudah terobsesi dengan penawaran/kesempatan studi ini. Marii saya
jelaskan ya tentang programnya:
Read the rest of this entry »

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 25, 2013 in Kesehatan

 

Tag: